Kitab Wajib Gores Kaligrafi

Koleksi Karya Master Tidak sedikit khattath Indonesia yang enggan mempelajari kaligrafi lebih dalam, mungkin disebabkan kitab referensi yang—mungkin dijadikan pegangan wajib—belum dimilikinya sama sekali. Why? Boleh jadi konsumen Kaligafi Islam tidak selaris konsumen seni rupa yang populer.

Jangan takut! Sekarang, kitab Koleksi Karya Master Kaligrafi Islam telah hadir memenuhi kebutuhan Anda para pejuang goresan kaligrafi. Seiring dengan minat dan bakat yang terus dikembangtumbuhkan oleh Pendiri Pesantren Kaligrafi al-Quran Lemka (Drs. D. Sirojuddin AR M.Ag)  buku ini diharapkan menjadi referensi utama dalam berkarya.

Sekedar review, buku ini sengaja mengulas hubungan antara guru-murid khattath terdahulu sebagai tradisi intelektualisme Arab dan Melayu Nusantara, sehingga membentuk pohon Silsilah Kaligrafer Muslim (Syajar al-Khaththathin). Dan yang lebih menarik lagi, pola penyajian buku ini disulam dengan berbagai jenis khat populer, deskripsi singkat, beserta profilnya. Tentu lebih menarik bukan?

Pembaca akan dikenalkan dengan khat Naskhi, Sulus, Diwani, Diwani Jaly, Farisi, Kufi, Riq’i, dan ditutup dengan karya lukis kaligrafi kontemporer. Karenanya, patut mendapat apresiasi secara proporsional sebagai sebuah sumbangsih berharga dalam pengembangan seni Islam di Nusantara.

Buku ini ManiaGorez, dapat membawa pembacanya seakan-akan berfantasi pada masa kejayaan Islam di Baghdad, kedigjayaan Islam di Andalusia, dan Pelangi Islam di Nusantara. Keindahan kaligrafi Islam didalamnya telah mengukuhkan misi profetik seni Islami. Karena, Seni Islami adalah ekspresi seniman yang sarat dengan nilai-nilai ketuhanan, dengan cara megagungkan kalimat-kalimat ilahiah dalam bentuk huruf sebagai simbol yang hiperbolais dalam sebuah karya seni.

“Namun, karya kreatif ini tak sepenuhnya paripurna”, ungkap Pak D. Sirojuddin penyusunnya. Lebih lanjut beliau berpesan bahwa buku ini mudah-mudahan dapat dinobatkan sebagai ‘kitab suci’ yang dapat memancing kelahiran karya-karya besar lainnya du Nusantara.

Untuk menggambarkan representasi kaligrafer dunia, buku setebal 574 halaman ini masih belum mengakomodir berbagai karya agung yang tersebar di berbagai sudut dunia. Dari ungkapan ini, seakan-akan Ust. D.Sirojuddina AR meminta para kaligrafer muda Nusantara untuk melahirkan karya seni lainnya.

Jadi, tunggu apa lagi. Ayo segera miliki sekarang juga!

Judul: Koleksi Karya Master Kaligrafi Islam

Pengarang: Drs. H. D. Sirojuddin AR, M.Ag

Penerbit: Dar Ulum Press

 

Technorati Tags: ,,

Copyright © 2009 - GORESAN YUSUF - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template